GASPI (Gabungan Silat Pemuda Islam) berdiri pada tahun 1972.

Di dirikan oleh :

prof.Dr.Kh Abdul Ghafur (pengasuh pondok pesantren Sunan Drajat)

Alm.Mbah Abu (asal jombang) dan

Alm.Mbah mail (asal kediri)

Ketiga tokoh inilah yang memiliki peranan besar dalam membentuk dan menyusun secara rinci seni bela diri tersebut. Mereka adalah para alim ulama’ atau bisa dibilang hamba-hamba Allah yang tidak pernah berhenti untuk menyiarkan Agama Islam di dunia ini kususnya di pulau jawa.

 

GASPI (Gabungan Silat Pemuda Islam) adalah satu kesenian yang dibentuk pengasuh untuk mengembangkan ajaran agama Islam di daerah Lamongan kususnya di daerah pantura lamongan tepatnya di kecamatan Paciran. Ini adalah salah satu upaya untuk mendirikan kembali pondok pesantren peninggalan kanjeng Sunan Drajat (Raden Qosim) yang  hampir mati atau hilang. Dengan cara inilah pondok pesantren sunan drajat dapat berdiri kembali dan memiliki banyak santri   hingga sekarang yang kurang lebih terdapat 6000 santri.

GASPI (Gabungan Silat Pemuda Islam) atau seni bela diri silat yang di dalamnya terdapat ilmu tenaga dalam atau dalam bahasa jawaKANURAGAN“, tetapi yang ditekankan dalam ilmu bela diri tersebut bukanlah ilmu tenaga dalamnya melainkan “Dakwah Islamiyah/menjalin ukhuwah islamiyah”, Disini mereka dibimbing, Dibina, Dan dilatih agar menjadi kesatria yang berjiwa islamiyah, Yang bisa dijadikan ujung tombak dimasyarakat.

Comments
  1. Kami Pernah Ada Dan Akan selalu Ada.

  2. loyale kanisila says:

    untuk gaspi mga tambah sukses tyuz……………

Leave a comment